Sedekah kepada Anak Yatim dan Dhuafa : Hikmah Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1435 H

On June 12, 2014
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Bertepatan dengan momen peringatan hari besar islam, yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1435 H, BERKARYA ”Berkah Keluarga Yatim dan Dhuafa” Sidoarjo melaksanakan santunan rutin. Kegiatan santunan ini secara rutin diadakan tiap bulan yang bertempat di Sekretariat Pusat Berkarya, tepatnya di musholla Thoriqul Huda, Desa Kloposepuluh RT 02 RW 01 Sukodono – Sidoarjo. Anak-anak yatim dan dhuafa di wilayah ini tersebar di dalam 3 wilayah, yaitu Kloposepuluh, Wonokoyo, dan Dungus dengan total ada 30 anak.

Perintah untuk menyayangi dan menyantuni anak-anak yatim dan dhuafa sudah banyak sekali kita temukan tuntunannya. Baik dalam Al-Qur’an, Hadist, dan tuntunan para ulama’ salafus shalih terdahulu. Ditinjau dari segi makhluk sosial, sudah seharusnya setiap insan manusia yang mampu saling membantu insan lain yang membutuhkan. Kaitannya dengan peringatan Isra’ dan Mi’raj Rasul SAW, dengan mendapatkan perintah sholat lima waktu, setiap umat Beliau sudah seharusnya mengamalkan apa yang sudah dituntunkan.

Acara santunan malam itu diisi dengan pembaaan sholawat Nabi dengan diiringi Hadrah Al Banjari dari grup sholawat Al Falah. Bersholawat kepada Sayyidina Muhammad SAW merupakan salah satu bukti kecintaan dan kerinduan kita kepada Beliau, dengan harapan agar kelak di akhirat kita semua dikumpulkan dan mendapatkan syafaat dari Beliau Muhammad SAW. Namun, yang tak kalah pentingnya yaitu meneladani sikap dan sifat-sifat Beliau, khususnya sifat kecintaan kepada fakir miskin, anak-anak yatim, dan dhuafa.

Ustadz H. Abd. Mushowwir, pembina Berkarya, menuturkan dalam mauidhotul hasanahnya, ketika seseorang telah menjalankan perintah sholat lima waktu dengan khusu’ dan sesuai dengan syariatnya, seharusnya akan membawa akibat bertambahnya rasa sosial terhadap sesama, khususnya kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan. Lebih-lebih jika dilaksanakan dengan berjamaah, maka semangat kebersamaan dalam tolong menolong tersebut makin ringan untuk dilaksanakan dan diamalkan.

Acara ditutup dengan do’a bersama dan dilanjutkan dengan santunan kepada adik-adik yang hadir. Terima kasih kami ucapkan kepada para donatur yang sudah berbagi rizki kepada adik-adik, mudah-mudahan rizki dan keluarganya senantiasa diberikan keberkahan. Amin3x. Untuk donasi sedekah kepada anak yatim dan dhuafa, silahkan klik www.keluargayatim.com/rekening-donasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>