Santunan Yayasan Berkarya Cabang Surabaya

On March 12, 2022
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Assalamualaikum Wr. Wb

Keistimewaan menyantuni anak yatim menurut Badan Amil Zakat Nasional:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sangat menganjurkan kita untuk terus memuliakan anak yatim. Dikisahkan suatu ketika Rasulullah SAW bertemu seorang anak saat akan berangkat shalat ied. Anak itu berpakaian kumal seorang diri dan menangis. Ketika ditanya, ternyata dia seorang anak yatim yang ayahnya wafat dalam suatu peperangan. Lantaran iba dengan kondisi sang anak yatim itu, Rasul pun lantas merawatnya. Serta memberinya pakaian yang indah, memberi makan sampai kenyang, menghiasinya dan memberinya minyak wangi yang harum. Sekarang, anak yatim itu bisa bermain dengan penuh tawa bahagia bersama teman-teman seusianya.

Setelah Rasulullah meninggal dunia, anak itu kembli terlunta hingga akhirnya diasuh oleh Abu Bakar As-Shiddiq.

Dalam hadis juga disebutkan bahwa orang yang mengasihani dan merawat anak yatim kedudukannya dekat dengan Rasulullah SAW di surga, seperti dekatnya jari telunjuk jari tengah.

“Bahwa saya dan orang-orang yang memelihara anak yatim dengan baik akan berada di surga, bagaikan dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah, lalu Nabi mengangkat tangannya dan memperlihatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, lalu ia renggangkan.” (HR al-Bukhari).

Pengasuh anak yatim juga akan dimasukkan ke dalam surga bersama Rasul kelak.

“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi).

Menyayangi dan memuliakan anak yatim juga akan mendatangkan keberkahan lainnya, seperti mendapatkan predikat abror, menjadi ibadah yang mendatangkan pertolongan Allah SWT, menghindarkan dari siksa akhirat, dan mendapat ridho dari Allah SWT.

Dalam ajaran Islam, pemeliharaan dan pembinaan anak yatim tak terbatas pada hal-hal yang bersifat fisik, seperti harta, namun juga mencakup berbagai hal yang bersifat psikis. Dalam surah ad-Duha ayat 9, Allah SWT berfirman, “Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.”

Terdapat pula larangan untuk berbuat zalim kepada anak yatim, seperti tertulis pada Al-Quran surah an-Nisa ayat 10,  yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya meraka itu menelan api senuh perutnya dan mereka akan  masuk ke dalam api yang menyala (neraka).”

 

Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan santunan anak yatim, piatu, dan dhuafa di wilayah Berkarya Karah pada Minggu, 27 Februari 2022 pukul 08.00-selesai dan beberapa kegiatan santunan di beberapa wilayah (Berkarya cabang Surabaya). Kegiatan ini diisi dengan acara makan bersama dan santunan.

Berikut merupakan dokumentasi kegiatan-kegiatan santunan Berkarya Surabaya yang telah terlaksana:

1. Santunan Berkarya Surabaya Cabang Gebang dan Keputih

WhatsApp Image 2022-02-27 at 15.59.43

Santunan Gebang dan Keputih

WhatsApp Image 2022-02-27 at 15.59.42

Santunan Gebang dan Keputih

2. Santunan Yayasan Berkarya Surabaya Cabang Tropodo

Santunan Tropodo

Santunan Tropodo

WhatsApp Image 2022-02-27 at 16.00.09

Santunan Tropodo

3. Santunan Yayasan Berkarya Surabaya Cabang Wadung Sari

Santunan Wadung Sari

Santunan Wadung Sari

WhatsApp Image 2022-02-27 at 16.00.31

Terima kasih kepada para donatur, pembina, pengurus dan sahabat berkarya serta semua pihak yg telah membantu Berkarya.

Semoga Allah meridhai usaha kita dan semoga diberkahi oleh Allah SWT. Aamiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>