LANDASAR DASAR

Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Surat Al-Baqarah : 83

2:83

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Tetapi kemudian kamu berpaling, kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang”.

Surat Al-Baqarah : 215

“Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya”.

Hadist Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah riwayat Rasululllah saw bersabda :

  1. “Barangsiapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang, maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangannya”. (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ibnu Hibban, Ibnu Abi Aufa)

  2. “Sesungguhnya, seorang laki-laki mengeluh kepada Nabi SAW, karena hatinya yang keras. Nabi SAW berkata, “Usaplah kepala yatim, dan berilah makan orang miskin”. (HR. Ahmad)

  3. “Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila dia berbuat dosa besar yang tidak terampuni”. ( HR. Turmudzi)

  4. “Ya Aba Dzar, aku melihat engkau lemah. Aku menyenangi untuk engkau apa yang kusenangi untuk diriku. Janganlah engkau menjadi amir walau hanya untuk dua orang, dan janganlah menjadi wali untuk harta anak yatim”.  ( HR. Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>