Santunan Yayasan Berakarya Pasuruan

On March 26, 2021
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Santunan 72 Yatim Berkarya Pasuruan
================

Susunan Acara :
1. Hadiah Fatihah.
2. Hormat Nabi Isyhari
3. Cerama Agama oleh Ust. Muhtarom Ali. M.Pd.I
Tentang Nilai-nilai yg tersirat dalam Isra’ Mi’raj.
4. Pembagian Santunan.
5. Penutup dan Doa Gus Bibi.

Kesimpulan Ceramah :
Isra’ Mi’raj merupakan sebuah perjalanan spiritual yang luar biasa, di mana nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya akan tetap aktual dan abadi sepanjang zaman.

Dua pelajaran penting yg tersirat dalam Isra Miraj ;

1.  Peristiwa Isra’, yang berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW di malam hari dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsha di Palestina.

Peristiwa itu memberikan isyarat kepada kita, bahwa manusia perlu membangun komunikasi sosial/horizontal.

Pada peristiwa Isra’, perjalanan Nabi SAW bersifat horizontal: dari bumi yang satu ke bumi lainnya, yang disimbolkan dari masjid ke masjid, yakni dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

Maka, masjid yang merupakan simbol pusat kegiatan keagamaan umat Islam, harus pula ditransformasikan nilai-nilainya di tengah kehidupan sosial atau kemasyarakatan secara nyata.

Umat Islam harus mampu membangun relasi sosial (hablun minan-nas) yang rukun dan harmonis di tengah-tengah kehidupannnya.

2. Peristiwa Mi’raj, di mana Nabi SAW dari Masjidil Aqsha kemudian naik ke Sidratil Muntaha, berjumpa dengan Allah SWT.

Perjalanan spiritual itu memberikan pelajaran penting bagi kita bahwa manusia dalam menjalani kehidupannya harus melakukan upaya transedensi.

yakni mendekatkan diri kepada Tuhannya: Allah SWT, sehingga terhindar dari jebakan-jebakan materi-duniawi yang seringkali membuat manusia kalap dan lupa diri, hingga berani melakukan tindakan-tindakan penyelewengan atau pun pelanggaran hukum yang banyak merugikan orang lain.

Kurang Lebih Kami Ucapkan Terima Kasih dan Mohon Maaf Yang Sebesar2nya

IMG-20210327-WA0003

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>