Santunan Yayasan Berkarya Surakarta November 2021

On November 30, 2021
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Mengutip dari Adap terhadap Anak Yatim Salah Satunya Dilarang Menghardik oleh muslim.okezone.com

Ketua Umum PP Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa atau yang sering disapa Cak Ali mengatakan, yatim dalam konteks agama merupakan bagian dari perintah Allah yang mempunyai nilai humanisme. Mereka harus diberi kasih sayang dan diberi kesempatan yang sama seperti anak-anak lainnya.

“Seorang yatim piatu mempunyai hak masa depan yang baik, baik dalam segi agama maupun segi persiapan hidup dalam masyarakat (profesi),” ujar Cak Ali kepada Okezone beberapa waktu lalu.

“Anak yatim tidak boleh dibiarkan untuk menjadi orang-orang yang tidak mampu.

Dia harus dipelihara, harus diberi kasih sayang. Dan itu juga untuk mewujudkan keadilan di negeri ini, bahwa setiap manusia itu mempunyai hak perlakuan yang sama. Sesama umat Islam harus saling membantu,” tambahnya. Terhadap anak yatim, kita harus bersikap baik. Jangan memandang sebelah mata atau menghardiknya. Apalagi sampai memakan harta anak yatim. Allah akan memberikannya azab yang sangat pedih.

Seperti dijelaskan dalam firman Allah SWT: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An-Nisa’ ayat 10) ”

Ada beberapa surat dalam Alquran mengajarkan, tidak hanya melarang menghardik, anak yatim juga mempunyai hak waris. Selain itu anak yatim juga memiliki hak dari orangtuanya. Alquran juga mengatakan, ‘Janganlah kamu sekali-sekali memakan harta anak yatim secara bathil, secara tidak benar’,” ujar Cak Ali. ”

Ini mewujudkan bahwa yatim dihadapan Allah itu, satu, dia harus diberi makan, masa depannya harus terjamin kalau dia tidak mampu. Kalau anak itu mampu, maka dia harus kita arahkan, harus kita didik dan hartanya tidak boleh diotak-atik oleh manusia,” tambahnya.

Alhamdulillah telah terlaksana santunan Berkah Keluarga Yatim, Hari ini Minggu, 28 November 2021 di Masjid Al- Mukmin.

Jazakumullahu khoyron kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam santunan Berkarya Surakarta. Semoga berkah dan bermanfaat

WhatsApp Image 2021-11-27 at 23.50.58WhatsApp Image 2021-11-27 at 23.50.59

 

Terima kasih para pengurus dan donatur yang telah meluangkann waktu untuk berbagi bersama adik-adik yatim yayasan berkarya Surakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>