Kegiatan Yayasan Berkarya Cabang Bojonegoro

On July 20, 2019
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

1. Yatim Berkarya Bojonegoro Go To Summer Camp 10 Summer Home 01 bersama 1500 Yatim Piatu dari 13 Provinsi se-Indonesia

Yatim Berkarya Bojonegoro, dengan 10 putra yatim yang didampingi oleh 1 Korlap (Koordinator Lapangan) putra dan 10 putri yatim beserta 1 Korlap putri, Yatim binaan Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro kemarin pada tanggal 27 Juni menghadiri undangan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Satu Benih yang bertempat di Tenjo, Bogor. Acara tersebut berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 27 Juni-1 Juli 2019 dengan tema Kegiatan The Colorful of Satu Benih Summer Camp 10 Summer Home 01. Acara tersebut diikuti oleh peserta yang jumlahnya kurang lebih 1500 anak yatim dari 13 Provinsi di Indonesia. Kegiatan yang penuh rahmat dan berkah. Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro hadir dan ikut serta memberi warna dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut, alhamdulillah salat lima waktu adik-adik yatim piatu terjaga dan alhamdulillah fisik adik-adik kuat dan tangguh. Hadir untuk pengalaman pertama bagi adik-adik adalah hal yang sangat berharga bagi kami semua.

BogorGambar kegiatan Bogor

Keberanian ini tidak lepas dari apa yang pernah di sampaikan oleh Bapak Kyai Bahruddin “Kembangkan sesuai kemampuanmu dan dasari oleh keyakinan serta ibadah, itu akan terasa lebih nikmat.” ucap beliau ketika silahturahmi. Secara perlahan, keadaan terpuruk yang pernah dialami akan kita gores sedikit demi sedikit untuk sembuh dan bangkit, serta menunjukkan kepada dunia bahwa sekalipun mereka berbeda itu tidak akan melunturkan semangat mereka untuk menjadi manusia yang kuat dan hebat. Banyak para dermawan yang tergugah hatinya, peduli dan mencintai mereka sepenuh hati.

Imbuh Ketua Yayasan cabang Berkarya Bojonegoro Bang Jaenal Abidin menyampaikan, ” Ini baru awal tapi menantang, berkat semangat dari Kyai Bahruddin dan Kyai Patmin, saya tiba tiba menjadi santri yang beling. Dimana pertama kali saya membawa adik-adik yatim piatu untuk pergi berlibur dengan kondisi yang BONEX, namun kesadaran telah membawa kami dalam sebuah perjuangan yang harus di lalui, semoga adik-adik menjadi pioner pencerah bagi mereka yang membutuhkan, dan semoga pengalaman dan ilmu mampu menjadi solusi di kemudian hari, bersama 1500 yatim piatu kita berdoa untuk keselamatan negara dan umat serta berkah yayasan berkarya di wilayah indonesia”…

Kemudian, masih tetap selalu diingat bahwa setiap anak tidak bisa memilih dilahirkan dalam kondisi apa oleh orang tuanya dan juga tidak bisa menentukan bagaimana jalan takdir dalam hidupnya. Semua sudah di takdirkan, digariskan oleh Allah SWT. Demikian halnya status sebagai anak yatim atau piatu. Anak yatim mendapatkan keistimewaan dalam Islam. Hendaknya memuliakan anak yatim.

Alhamdulillah, kita dapat mewujudkan harapan membuat anak yatim piatu tersenyum bahagia meskipun sesaat. Dan semoga hadirnya Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro lebih mampu mewujudkan harapan-harapan tersebut untuk menuju yatim yang cerdas, mandiri dan berakhlak mulia.

Kegiatan adik-adik yatim yayasan berkarya cabang Bogor

Salah satu peserta dari Bojonegoro menceritakankan pengalamannya selama mengikuti kegiatan tersebut “ Di sana tuh enak banget, seru banget, menyenangkan, mengesankan, dan tak terlupakan. Ya pastinya semua hal ada enak sama enggaknya, enaknya di sana tuh, temennya banyak, kenalan sama banyak orang dari berbagai daerah itung-itung nambah pertemanan, berbagi pengalaman bersama, ketawa bareng, sedih bareng apalagi pas nerbangin lampion, rasanya tuh mellow banget mana semua orang pada nangis. Di sana tuh selalu rame nggak pernah sepi. Di sana kita juga belajar banyak hal, salah satunya kita jadi bisa berpikir kita tuh nggak beda tetapi kita tuh istimewa, dan jujur di sana saya berpikir ternyata bukan saya saja, saya juga berpikir mereka aja bisa ikhlas, senyum, sabar, menerima, tabah kenapa saya enggak, kita semua memang mengalami hal yang sama tetapi dalam keadaan yang berbeda-beda. Ternyata memang benar masih banyak orang yang berada di bawah kita dan memang sudah sepatutnya kita bersyukur dan saling berbagi    . Kalo menurut saya, nggak enaknya di sana tuh lidah saya nggak cocok sama makanannya ya mungkin karena lidah saya lidah orang Jawa. Tapi, di sana 99,9% enak 0,1% nya tergantung kalian. Oke, selanjutnya pesan saya buat kalian yang istimewa “Jangan pernah merasa kamu berbeda dan kurang beruntung, itu tandanya kamu bersyukur. Ingat bahwa Allah tidak membeda-bedakan kaum-Nya. Kamu harus berani! Kamu adalah sebagian dari orang-orang yang hebat.” Ucapnya sambil tersenyum.

Hikmah, yang bisa kita ambil dalam kegiatan Yatim Cabang Berkarya Bojonegoro di acara Summer Camp 10 adalah, adik-adik mampu berbagi semua hal dalam setiap kondisi yang se-demikian, mereka mampu saling menyayangi, mereka menumbuhkan semangat untuk menggapai harapan mereka, mereka tangguh dan mereka unggul, serta belajar istiqamah dalam menjaga syariat Islam di acara tersebut semoga menjadi ilmu dan pengalaman yang berkah dan di Ridhoi Allah SWT. Aamiiin…

-Laskar cinta. Sebarkanlah benih-benih cinta. Musnahkanlah virus-virus benci-

2. Santunan dan Ngaji Bersama dengan Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro

Pada tanggal 15 Juli 2019 di Musholla Al Basyariyyah Pukul 15:30 wib sampai selesai di hadiri  30 Anak Yatim dan Piatu serta 30 Jama’ah Musholla Al Basyariyyah di Lingkungan RT 3 RW 1 Desa Kuniran kecamatan Purwosari, di hadiri oleh tokoh masyarakat Bapak Gunasir selaku ketua RW 1. Alhamdulillah, santunan kali kedua ini dengan tema “Merajut Kebahagiaan Bersama Yatim Piatu “ dengan disi oleh Penceramah Bapak Kyai Ahmad Dahlan Zubair tokoh ulama Desa Kuniran.

Acara yang pertama Dibuka oleh Bang Jaenal selaku ketua Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro dengan menyampaikan kepada Jama’ah yakni ” upaya memberikan perhatian untuk adik adik kita yang Yatim dan Piatu adalah sebuah anugerah yang harus di capai, entah itu berupa materiil dan non materiil serta saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Ibu jama’ah dan adik-adik yang di muliakan Allah SWT, serta terima kasih di sampaikan kepada donatur sekaligus Yayasan Berkarya Pusat atas Dedikasi dan Loyalitas nya kepada Bojonegoro semoga berkah Aamiin.

Kemudian di lanjutkan dengan Sholawat Nariyyah oleh Bapak Kyai Patmin dalam upaya untuk mengharapkan ridho Allah SWT.

Kemudian di lanjutkan dengan Ngaji Bersama yang isinya membahas tentang Hikmah Mencintai Yatim Piatu

Oleh Bapak Kyai Ahmad Dahlan Zubair

“Berikut beberapa janji Allah kepada orang yang menyayangi anak-anak yatim Mari Mencintai Anak Yatim

  1. Melipatgandakan pahala.

Setiap orang yang memberikan perhatian dan berbuat baik kepada anak-anak yatim sekalipun sebesar zarrah akan mendapatkan pahala yang besar.

“Dan jika ada kebijakan sebesar zarrah niscaya Allah akan melipatgandakan dan memberikan dari sisiNya pahala yang besar.” (An-Nisaa:40).

  1. Dimuliakan dan dilapangkan rezeki.

ini dijelaskan dalam firman Allah surat Al-Fajr ayat 15-17.

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakanNya dan diberinya kesenangan, maka dia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakanku’. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata, ‘Tuhanku menghinaku’. Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim.”

  1. Termasuk benar iman dan takwanya.

Orang yang menyayangi dan menyantuni anak yatim akan dimasukkan Allah ke dalam golongan orang-orang yang benar imannya dan bertakwa.

“Dan memberikan harya yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (Al Baqarah: 177).

  1. Minum dari mata air surga.

Semua orang Islam yang baik kepada anak yatim akan diberikan kenikmatan oleh Allah dengan dapat meminum air dari mata air dalam surga.

“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebijakan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurnya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.” (Al-Insan: 5-6,8).

  1. Termasuk golongan beriman kepada Allah.

Orang yang menyayangi dan berbuat baik kepada anak yatim dimasukkan ke dalam golongan orang yang beriman kepada Allah

“Atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat atau orang miskin yang sangat fakir. Mereka (orang-orang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan.” (Al-Balad: 13,14 dan 18)”.

Selanjutnya bancakan dengan doa keberkahan yang dipimpin beliau Bapak Kyai Ahmad Dahlan Zubair, selanjutnya santunan alhamdulillah telah terlaksana.

Itulah manfaatnya ketika bisa menyayangi dan menyantuni anak yatim. Semoga kita tidak pernah bosan untuk terus memberikan perhatian kepada anak yatim.

Alhamdulillah, acara berjalan dengan Lancar dan berkat dukungan materil maupun nonmateril yang telah di amanahkan kepada Yayasan Cabang Berkarya Bojonegoro adalah sebuah kepercayaan yang tiadatara, bismillahirrahmanirrahim semoga berkah fiddunya wal akhirah.

Foto Dokumentasi Kegiatan Santunan Yayasan Berkarya Cabang Bojonegoro

Foto Dokumentasi Kegiatan Santunan Yayasan Berkarya Cabang Bojonegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>