Santunan Berkarya Surakarta #5

On June 24, 2016
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Ahad, 19 Juni 2016 menjadi hari yang indah karena ada saat-saat yang membuat hati adik adik Berkarya cabang Solo ceria. Pagi hari yang dinginnya menusuk tulang, kamipun berangkat menuju rumah adik asuh yang mengalami disabilitas. Ini merupakan kunjungan pertama direktur Berkarya Ust. Bachrudin melihat kondisi Dik Intan (sapaan akrabnya). Tentu hal ini mengingatkan kita akan Kuasa Allah untuk selalu bersyukur terhadap apa yang kita miliki.

Rumah Intan

Kediaman rumah adik asuh Intan

Meskipun cuaca seharian mendung dan sempat terdengar rintik rintik hujan, kami tetap semangat menyelenggarakan acara “Dongeng Inspiratif & Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu”. Acara ini diselenggarakan bekerja sama dengan Khadijah Business School (KBS). Acara dibuka oleh MC : Andhika Gandha Putra dan Bangoen Wahyu Sasongko dilanjutkan tilawah oleh Muhammad Aufa Aulia. Selanjutnya ada acara inti pertama yaitu Talkshow seputar sedekah dengan tiga pembicara yaitu Ust. Moh. Bachrudin (Direktur & Founder Berkarya), Mas Doni Febriando (Penulis buku “Kembali Menjadi Manusia”), dan Ust. Fitra Jaya Saleh (Direktur Khadijah Business School) yang dimoderatori oleh Firdaus Zulfikar. Acara talkshow ini dihadiri dari perwakilan mahasiswa se UNS. Ketiga pembicara memaparkan pengalaman pribadi mereka terkait manfaat sedekah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (QS. al-Baqarah: 83)

Tim Berkarya

Tim Berkarya Surakarta

Acara break untuk menjalankan kewajiban ibadah sholat Ashar. Setelah sholat Ashar, acara dilanjutkan kembali dengan sholawatan bersama adik-adik santunan yang dipimpin oleh Direktur & Founder Berkarya yaitu Ust. Moh. Bachrudin. Adik-adik yang diberi santunan kali ini meningkat 2 kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya. Hal ini karena kerjasama dengan KBS yang mencari 20 anak yatim. Selanjutnya 20 anak yatim tersebut akan menjadi anggota adik-adik yang akan diberi santunan oleh Berkarya. Sambil menunggu waktu berbuka, ada acara dongeng yang dibawakan oleh Ust. Hamid tentang mengenal Allah dari ciptaan-Nya. Disela-sela menjelang berbuka, acara dihadiri oleh Prof. Sugiyarto yang pada kesempatan tersebut berkenan memberi sambutan. Alhamdulillah Prof. Gi (panggilan akrab beliau) memberi fasilitas kantor kesekretariatan untuk Berkarya Cabang Solo. Dan akhirnya waktu berbuka telah tiba, Alhamdulillah adik-adik merasakan suasana hangat dan ceria dapat berbuka bersama dibulan ramadhan 1437 H ini.

“…Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan….”. (Q.S. Al Baqarah, 2:220)

Ba’dha Maghrib acara dilanjutkan dengan pembagian santunan untuk adik adik yatim. Acara dipimpin oleh Ust. Bachrudin dengan membentuk huruf U untuk pengurus Berkarya dan KBS. Santunan kali ini dalam bentuk uang dan parcel ramadhan yang insya Allah bermanfaat untuk adik-adik. Diakhir acara ada sesi foto-foto bersama.

Foto Bersama

Foto bersama adik-adik santunan

 

Untuk foto dokumentasi lainnya, bisa dilihat di : https://www.facebook.com/YukJadiKeluargaYatim/posts/1130158787004866

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>