Santunan dan Buka Bersama Berkarya Surakarta

On June 11, 2017
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Senin Sore, 5 Juni 2017, kami BERKARYA Surakarta mengundang adik adik yatim untuk memberikan santunan beserta parcel untuk hari raya Idul Fitri. Ada 15 undangan untuk anak yatim yang akan kami santuni. Acara diadakan di Taman Cerdas, Jebres, Surakarta. Acara ini dimulai dengan tilawah bersama yang dibagi kedalam kelompok, ada 3 kelompok ikhwan dan 2 kelompok akhwat. Disela sela tilawah juga ada hafalan surat-surat pendek yang dihafal oleh adik-adik. Setelah tilawah, tiba saatnya untuk acara inti yaitu bedah Buku “Zero is Me” oleh Mbak Mu’nisah.

Inti dari Buku “Zero is Me” ini adalah semua manusia pasti akan selalu diuji oleh pemilikNya. Ujian ini hakikatnya adalah wujud peningkatan iman seorang hamba. Ketika ujian menyapa, hal yang utama dilakukan oleh manusia adalah memasrahkan dirinya kepada Allah. Menzerokan dirinya. Pasrah bukanlah menyerahkan semua kepada Allah tanpa kita berusaha. Bukan itu, pasrah disini adalah menomorsatukan Allah saat ujian menyapa. Merasa dirinya 0. Berdoa meminta pintu kemudahan. Ketika kita sudah menjadikan Allah nomor 1, maka Allah akan membukakan pintunya barulah jalan yang akan kita tempuh pasti lurus. Nothing impossible, karena Allah telah berfirman bahwa Ia tidak akan menguji manusia dibawah kemampuan hambanya, sebagaimana dalam Q.S. Al-Baqarah: 286.

_MG_3279

Bedah Buku “Zero is Me” oleh Mbak Mu’nisah

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau Bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau Bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau Pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Kemudian adzan Maghrib terdengar, kamipun buka bersama dengan adik-adik dan orang tua mereka. Diakhir acara ada pemberian santunan kepada adik-adik dan pemberian parcel ramadhan untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Tak lupa kami berfoto bersama.

_MG_3308

Foto bersama adik-adik Berkarya Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>