Santunan dan Pemberdayaan Yatim Berkarya Palembang Ke-7 Bulan Juli 2018

On July 24, 2018
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Alhamdulillah kegiatan pembinaan & santunan anak yatim serta pemberdayaan keluarga yatim periode ke-7 Berkarya – Masjid Al-Ghaniy Palembang berjalan lancar tanpa halangan. Kegiatan kali ini terasa lebih istimewa karena bersamaan dengan bulan suci Ramadhan 1439 H. Seperti biasa kegiatan dipandu oleh Bapak H. Mawardi, M.Pd.I. Diawali dengan laporan ketua program Pembinaan Bapak Dr. Budi Santoso, M.Si dan sambutan ketua Yayasan Masjid Al-Ghaniy Bapak Ir. H. Syamsurizal Usman. Hadir pada kegiatan ini Dewan Pembina Yayasan Masjid Al-Ghaniy, Bpk Ir. Hayatudin, M.Sc. Dewan Pengawas Masjid, Bapak Muslim Khan, sejumlah pengurus yayasan dan Jemaah masjid, donatur  dari Jemaah masjid, dan beberapa donatur dari Universitas Sriwijaya  antara lain Prof. Dr. Diemroh Ichsan dan istri Prof. Dr. Chuzaimah, Prof. Dr. Rita Inderawati, Dr. Rita Hayati, Dra.Linda Puspita M.Pd, Drs. M. Yunus, M.Ed. Ibu Dra. Kelanawaty Karim, M.Pd. Ibu Dra. Masrinawatie, M.Pd. Acara kali ini diisi tausyiah oleh Prof. Dr. Supli Rahim dengan tema pembinaan & pemberdayaan anak yatim dan pemberdayaan masjid serta motivasi dan inspirasi dari Ustadz Ismul Al Kabir dan Budi Santoso.

Pada pembinaan kali ini, jumlah anak yatim yang terdaftar sebanyak 60 anak, yang hadir 57 yang masing masing mendapat santunan sebesar Rp. 250.000,- khusus 3 anak yatim yang dilepas  diberi santunan masing masing Rp. 1,2 juta untuk Eno Apriyanti, dan Rohmiati yang akan melanjutkan ke SMK dan Rp. 1,8 juta untuk M. Muhson yang akan melanjutkan ke Pesantren di Kudus. Sementara itu, khusus bulan Ramadhan keluarga yatim mendapat bingkisan yang berisi Gandum, Gula, Teh, Minyak, Susu, Kacang Karamel produksi Ibu Yatim binaan Majelis Al-Fatir 2930, dan Baju Gamis. Disamping itu mengingat donasi bulan ramadhan cukup banyak kita juga dapat memberi santunan kepada 32 anak yatim binaan Masjid As Salam Sukamaju @ Rp. 50.000,- dan 32 bingkisan. Serta 13 anak yatim dan 6 orang dhuafa binaan Masjid Ikhwanul Muslimin @ Rp. 100.000 serta 15 bingkisan untuk keluarga yatim dan dhuafa binaan Masjid Ikhwanul Muslimin Sukamaju.

Terimakasih yang tak terhingga pada semua donatur, semoga Allah membalasnya dengan balasan berlipat ganda. Pada periode 7 edisi khusus Ramadhan 1439 H terkumpul donasi sebanyak Rp. 52.616.000,- yang 23% berasal dari donatur jemaah masjid Al-Ghaniy dan 77%  berasal dari luar Jemaah masjid dari berbagai penjuru tanah air.  Pada kegiatan ramadhan ini selain kita melakukan kegiatan rutin juga kegiatan berbagi  pada bulan ramadhan dengan melakukan kunjungan khusus pada keluarga yatim (yang sangat membutuhkan suntikan motivasi dan spirit diantaranya penderita lumpuh yang hanya berbaring saja (Kakek Eno), kanker (bu Ningrum), magh akut (Bu Lina) dan beberapa yang ekonominya sangat kekurangan) dan dhuafa untuk pembagian paket khusus yang disediakan oleh beberapa donatur. Pada kegiatan periode 7 juga juga membagikan 120 paket bingkisan selain untuk 39 keluarga yatim, 40 pengurus masjid, marbot, petugas kebersihan masjid, keamanan masjid, imam dan Pembina anak yatim serta kaum dhuafa di sekitar masjid Al-Ghaniy.

Program Pembinaan, santunan dan pemberdayaan ini merupakan program berkelanjutan yang berusaha menghasilkan anak anak yatim yang berkarakter dan sukses  dalam hidupnya, serta membentuk keluarga yatim yang mandiri dan memandirikan. Salah satu anak yatim (an Eno Apriyanti) sudah kita bina untuk mempunyai ketrampilan sebagai asisten admin program pembinaan dan pemberdayaan selain sekolah di SMKN 5 jurusan administrasi perkantoran. Kami tetap mengharapkan makin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam mensupport kegiatan ini agar makin berkembang dan makin banyak anak yatim dan keluarga yatim yang dapat memanfaatkan program ini. Partisipasinya dapat disalurkan melalui kotak amal khusus anak yatim di Masjid Al-Ghaniy atau pengelola program (Bendahara Bapak Surawijaya, ST) atau dapat mengunjungi website kami di www.keluargayatim.com. Pembinaan berikutnya periode 8 pada hari Ahad, 8 Juli 2018 pukul 07.00 s.d 09.00 wib pagi yang akan diisi dengan kegiatan rutin motivasi dan outbond di sekitar halaman masjid, serta pemantapan pembentukan grup Hadroh anak yatim.   Pemberdayaan keluarga yatim periode 4 tanggal 22 Juli 2018 Pukul 13.30 s.d 15.15 Wib, materi hidroponik lanjutan.  Semoga kita tetap istqomah dalam membina & menyantuni anak yatim untuk sukses dalam hidupnya, serta memberdayakan keluarga yatim untuk dapat mandiri. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan kepada kita semua. Amin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight − 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>