Santunan Yayasan Berkarya Cabang Pasuruan Periode September 2019

On September 10, 2019
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil Alamin telah terlaksana acara santunan rutin untuk adik-adik yatim-piatu, dan dhuafa di yayasan berkarya cabang Pasuruan pada hari Ahad, 8 September 2019 dengan lancar, tanpa adanya suatu halangan. Adapun susunan acara yang telah diikuti bersama adalah sebagai berikut :
1. Pembacaan suratul Fatihah.
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
3. Pembacaan ayat kursi 72x
4. Mauidzoh Hasanah oleh Gus Bibi
5. Pembagian Santunan

Tema Mauidzoh Hasanah
Keagungan bulan Muharram

Keistimewaan Hari Asyura’ di Bulan Muharram- Bulan Muharram merupakan salah satu dari bula- bulan yang dimuliakan (Al Asyhuru Al-Hurum) oleh Allah SWT. Dengan kemuliaanya itu tentu di dalamnya banyak fadhilah-fadhilah dan keutamaan yang tidak ada di dalam bulan lainya. Selain doa awal dan akhir tahun , puasa, bersedekah dan sholat sunah, di dalamya ada keistimewaan yang lebih dari semua itu, yaitu adanya yaumul asyura’ atau hari ke 10 di bulan Muharram.

Di bulan Muharram ada istilah yaumul asyri (hari sepuluh) dan ada istilah yaumul ‘asyir (hari kesepuluh). Dua kalimat tersebut walaupun mirip dan terbentuk dari akar kata yang sama tetapi memiliki maksud dan pengertian yang berbeda.

Yang dimaksud Yaumul asyri adalah hari sepuluh, yakni hari mulai tanggal satu sampai tanggal sepuluh. Sedangakan yaumul asyir artinya hari kesepuluh atau hari pada saat itu tanggal 10 Muharram yang biasanya di sebut hari asyura’. Sedangkan asyura’ sendiri berasal dari kata asyrun yang artinya sepuluh. Ada pendapat lain mengapa di namakan asyura’  karena pada hari itu Allah SWT telah memuliakan sepuluh Nabinya dengan sepuluh keistimewaan.

Pertama, Allah telah menerima taubatnya Nabi Adam as.

Kedua, Allah telah mengangkat Nabi Idris as. ke tempat yang mulia.

Kegita, Allah telah menyelamatkan Nabi Nuh as. dan kaumnya dari banjir bandang.

Yang ke empat, Allah telah menyelamatkan Nabi Ibrahim atas bakaran api yang dilakukan oleh Raja Namrudz, kemudian diangkat menjadi Khalilullah (kekasih allah).

Kelima, Allah telah menerima taubatnya Nabi Dawud as.

Keenam, Allah telah menyelamatkan Nabi Musa as dan umatnya dari kejaran Raja Fira’un. Dan Fir’aun ditelenggelamkan Allah ke dalam laut merah pada hari itu juga.

Ketujuh, Allah telah menyelmatkan Nabi Yunus as. dan mengeluarkanya dari perut ikan.

Kedelapan, Allah telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman as.

Kesembilan, Allah telah mengangkat Nabi Isa ke langit.

Kesepuluh, Allah memberikan jaminan pengampunan pada Nabi Muhammad Saw baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

Beberapa Tradisi Bulan Muharram
1. Puasa Tasuadan puasa Asyuro
2. Memberi Nafkah berlebih
3. Bersedekah pada fakir miskin, yatim piatu dan dluafa

Terima kasih para donatur, pengurus berkarya baik pusat maupun cabang, best thanks to Ceo Berkarya (Berkah Keluarga Yatim&dhuafa) Moh. Bahruddin ST. Semoga hajat para donatur diijabahi oleh Allah. Aamiin..

Foto Dokumentasi Santunan Anak Yatim Yayasan Berkarya Pasuruan

Foto Dokumentasi Santunan Anak Yatim Yayasan Berkarya Pasuruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>