Outbond dan Yatim’s Gathering “BERKARYA” Keluarga Yatim Paiton

On October 24, 2012
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

PaitonOutbond dan Yatim’s Gathering merupakan salah satu program dari Keluarga Yatim “BERKARYA” cabang Paiton yang bertujuan untuk mengakrabkan antar sesama anak yatim dan donatur. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 dan bertempat di Lapangan tembak kecamatan Paiton. Acara ini diisi dengan beberapa acara diantaranya game-game motivasi dan kekompakan, tausiyah motivasi, dan pembagian santuanan dari donatur dan sumbangan dari PT YTL Jawa Timur. Pada hari H, Semua peserta berkumpul dirumah Mas Siswono dan berangkat ke Lapangan Tembak sekitar pukul setengah delapan. Acara dimulai dengan pemberian game-game oleh pak guru SMP Bhakti Pertiwi yang sekaligus sebagai “ice breaking” untuk lebih mengakrabkan antar sesama anak yatim.

Setelah kurang lebih 3-4 game dan seluruh perlengkapan sudah siap, selanjutnya masuk ke acara inti yakni sambutan sambutan dan tausiyah motivasi. Sambutan pertama oleh Pak Bachrudin selaku ketua panitia dan dilanjutkan oleh Mas Siswono selaku Koordinator Teknis dan Lapangan. Serta sambutan yang terakhir dan tausiyah motivasi diberikan oleh Pak Unarno selaku tokoh masyarakat daerah Sumberanyar. Dalam tausiyahnya, Pak Unarno memberikan penjelasan tentang pentingnya pendidikan dan meraih cita-cita bagi anak-anak yatim dan perlunya dorongan dan motivasi yg kuat dari orang tua atau wali sehingga anak-anak akan lebih giat dan semangat belajar. Selain itu, beliau juga menegaskan agar adik-adik yatim tidak mengeluh atau berpasrah dengan keadaan mereka sekarang, tetapi harus lebih giat belajar karena masih banyak orang-orang yg perduli dengan mereka.

Setelah acara sambutan dan tausiyah motivasi, acara dilanjutkan dengan game-game oleh Mas Ridho selaku instruktur Outbond. Disela-sela game tersebut, Mas Ridho tak lupa untuk memberikan kata-kata motivasi, semangat, dan juga memberikan penjelasan makna/arti dari game-game yang dilakukan dalam aplikasinya dikehidupan sehari-hari.

Acara selanjutnya yakni pelepasan “Balon Harapan”. Sebelumnya anak-anak yatim diminta untuk menuliskan harapan dan cita-cita mereka pada secarik kertas yang nantinya akan di jadikan satu dan digantungkan dibalon. Sebelum balon dilepas, semua anak-anak yatim dan panitia berdoa bersama yang dipimpin oleh Pak Unarno semoga harapan dan cita-cita mereka tercapai. Kemudian balon dilepaskan bersama-sama oleh semua anak yatim.

 

Selanjutnya yakni acara pembagian bingkisan hasil sumbangan dari PT. YTL Jawa Timur berupa perlengkapan sekolah seperti tas, kotak makan, tempat minum, kotak pensil, paket pulpen & pensil, jam beker, lampu hias, serta rak kecil. Pembagian bingkisan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan, umur, dan jenjang pendidikan masing-masing anak yatim. Sedangkan santunan dari para donatur sebagian dibelikan perlengkapan sekolah seperti tas, sepatu, seragam serta sebagian diberikan dalam bentuk tunai dan biaya SPP sekolah.

 

Terakhir, setelah selesai pembagian bingkisan , maka dilanjutkan dengan makan siang bersama-sama dan tidak lupa bersih-bersih lokasi acara dan pamitan dengan pengurus lapangan tembak sebelum pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>