Yayasan BERKARYA “BERKAH KELUARGA YATIM DAN DHUAFA” Menerima dan Menyalurkan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

On May 16, 2020
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Jangan lupa Zakat Fitrah dan Zakat Mal. Zakat fitrah & mal utamakan dikasihkan ke saudara serta kerabat terdekat, yg berhak dan membutuhkan, selanjutnya kepada tetangga-tetangga terdekat. Jikalau tidak bisa menyalurkan sendiri, yayasan berkarya siap untuk menyalurkannya.

 

Zakat fitrah sebesar 2,8 kg beras yg terbaik, yg biasa kita konsumsi. Sekarang sudah tersedia paket kemasan 3 kg dari para penyedia beras dg berbagai merka, untuk memudahkan distribusi, 2 ons beras kelebihannya akan menjadi sedekah bagi yg berzakat.

 

Zakat mal bisa dikeluarkan kapan saja sesuai dg nishob dan haulnya. Pada umumnya zakat mal berupa tabungan uang dinishobkan senilai emas 85 gram dan sudah dimiliki selasa dalam masa haul 1 tahun.

 

Khusus untuk zakat penghasilan, para ulama yg mashur menyatakan sama halnya dg zakat tabungan uang, namun boleh juga dikeluarkan langsung 2,5% tiap bulannya saat ketika menerima gaji tersebut, tanpa harus menungggu haul 1 tahun.

 

Perhitungannya didasarkan pada penghasilan netto setelah dikurangi kebutuhan pokok & hutang. Ada pendapat yg menyarankan untuk dihitung penghasilan brutto sebagi wujud ikhtiar/ usaha kehati-hatian.

 

Zakat fitrah untuk mensucikan jiwa. Zakat mal untuk mensucikan harta. Keduanya mempunyai manfaat dan hikmah untuk semua para penerima zakat yg berhak, khususnya fakir dan miskin, apalagi di tengah pandemi virus seperi saat ini.

Semoga dimudahkan langkah kita untuk berzakat. Amin.

IMG-20200516-WA0036

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>