Yaayasan Berkarya Menerima dan Menyalurkan Qurban

On July 29, 2020
Bantu adik2 yatim dengan LIKE dan SHARE Artikel ini

Kurban (Bahasa Arabقربن, transliterasi: Qurban),yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Terdapat beberapa dalil menyebutkan pentingnya melakukam kurban, karena  ibadah ini sangat banyak keistimewaan di sisi Allah SWT.

Beberapa dalil mengenai keutamaan ibadah kurban di antaranya :

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (kurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizqikan Allah kepada mereka”. (QS. Al-Hajj : 34)

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah, sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus,”  (QS : al-Kautsar: 1-3)

Ustad Hannan Attaki menjelaskan tentang pentingnya berkurban yakni:

Dalam beberapa ayat Alquran digandengkan antara ibadah shalat dengan ibadah kurban.

Ini adalah sebuah dalil dan bukti bahwa kurban itu memiliki kedudukan istimewa dalam syariat Islam.

Terutama ulama bersepakat bahwa ibadah yang dilakukan dengan harta terbaik itu adalah menyembelih hewan kurban, sebagaimana ibadah fisik paling baik adalah ibadah shalat.

Jadi, kurban dan shalat ini sama-sama ibadah terbaik tapi dengan versi berbeda, kalau kurban versinya ibadah harta, kalau shalat adalah versi fisik.

Allah SWT dalam dua ayat ini menggabungkan dua kalimat ini dengan kalimat Innashalati Wannusukii, sesungguhnya shalatku dan kurbanku.

Ini fadilah pertama dari menyembelih hewan kurban.

Yang kedua sedekah yang paling istimewa di sisi Allah adalah menyembelih hewan kurban sampai sebagian ulama berpendapat hewan kurban bagi yang punya kemampuan itu hukumnya wajib.

Walaupun ini bukan pendapat mayoritas ulama tapi sampai ada yang berpendapat demikian karena memang ayat-ayat tentang kurban ini memiliki banyak keistimewaan.

Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan kita berkurban karena memang pengorbanan ini bukan hanya ibadah yang dilakukan umat Islam atau umat Rasulullah SAW tapi juga sudah dilakukan dari zaman nabi Adam.

Sebagaimana shalat sebagaimana haji, itu adalah ibadah-ibadah yang sudah cukup tua sekali.

Maka ibadah kurban juga ibadah yang cukup panjang sejarahnya bahkan dimulai sejak zaman nabi Adam As.

Tepat hari Jumat tanggal 31 Juli 2020 kita sebagai umat islam akan memperingati hari raya Idul Adha atau yang lebih dikenal sebagai hari raya Kurban. Yuk yang mau patungan, memberi, dan menyalurkan hewan kurban untuk anak-anak yatim di yayasan kami. Kami terima dengan senang hati. 

FB_IMG_15959936002907062

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>